Pusat Belajar Komputer

Pusat Belajar Komputer
Lembaga Kursus dan Pelatihan di kota Metro Lampung

PENGATURAN DI SERVER

Selanjutnya,buatlah directory /home/cron pada komputer server untuk mengelola semua script yang akan digunakan untuk kepentingan penjadwalanproses dan nantinya akan dihubungkan dengan /etc/cron.minute agar dapat dijalankan setiap menitnya secara dinamis.
[root@ldap  /]#mkdir  /home/cron/                                                                          [root@ldap  /]#mkdir  /home/cron/aktif                                                                     [root@ldap  /]#mkdir  /home/cron/antrian



Directory /home/cron/aktif akan digunakan untuk meletakan script yang akan dijalankan pada saat ini,sedangkan /home/cron/ antrian akan digunakan untuk meletakan script yang akan dijalankan berikutnya
 Pastikan hak akses terhadap semua script didalam subdirectory cron tidak hanya dapat diakses oleh root dan groupnya saja,tetapi juga dapat digunakan oleh client meskipun haknya terbatas.
[root@ldap  /]#chmod  754  -R  /home/cron


Buat  script cron.sh didalam /home/cron untuk dihubungkan (symbolic link) dengan directory /etc/cron.minute. script cron.sh inilah yang akan menjadi kontrol  terhadap proses yang akan dijalankan setiap menitnya.
[root@ldap  /]#cd  /home/cron                                                                                                           [root@ldap  cron]#cat  >  cron.sh                                                                                        if  [  -e  /import/home/cron/aktif/script.sh];  then                                                                /import/home/cron/aktif/script.sh                                                                                                 fi                                                                                                                                                   [ctrl+D]                                                                                                                                         [root@ldap  cron]#chmod  a+x  cron.sh






Script diatas akan melakukan pemeriksaan setiap menitnya terhadap script.sh yang terdapat didalam directory /import/home/cron/aktif. Jika file tersebut ditemukan (exist), script.sh akan dijalankan.
Selanjutnta,anda buat satu script dengan nama skedul.sh didirectory /etc/cron.minute untuk memeriksa semua script yang siap dijalankan di directory /import/home/cron/antrian.
[root@ldap  /]#cd  /etc/cron.minute                                                                         [root@ldap  cron.minute]#cat  >  skedul.sh                                                       #menghapus script yang sudah aktif                                                                                 rm  -F /home/cron/aktif/*.sh                                                                                  
#meng-copy script yang antri ke direktori aktif                                                                            #jika ada script yang diletakkan                                                                                                         #didalam /home/cron/antrian
Jml=’ls /home/cron/antrian/  |  wc  -l’                                                                                              if   [ $jml  -gt  0 ]                                                                                                         then                                                                                                                             mv  /home/cron/antrian/*.sh  /home/cron/aktif/                                                     fi                                                                                                                                                [ctrl+D]                                                                                                                                                             [root@ldap  cron.minute]#chmod a+x  skedul.sh                                                                                                                                                                            










Script di atas akan melakukan pemeriksaan setiap menitnya terhadap keberadaan script di /home/cron/antrian melalui baris jml=’ls /home/cron/antrian/| wc-|’. Baris tersebut akan menghitung jumlah file didalam directory /home/cron/antrian.jika lebih dari nol(0), proses pemindahan script-script didalam directory /home/cron/antrian ke directory /home/cron/aktif akan dilakukan.
Script shutdown
ada dua script yang akan kita persiapkan untuk membuat penjadwalan proses shutdown.script pertama (script-shutdown.sh) berisi perintah untuk shutdown dalam waktu 2 menit,sedangkan script kedua(shutdown.sh) untuk mengaktifkan script kedua dengan meletakkanya didirectory /home/cron/antrian. Persiapkan script pertama yang akan digunakan untuk mematikan komputer dalam 2 detik.
[root@ldap  cron]# cat > /home/cron/script-shutdown.sh
/sbin/dhutdown –h  2
[ctrl+D ]
[root@ldap  cron]# chmod a+x script-shutdown.sh                       




scipt selanjutnya, shutdown.sh, berguna untuk meletakkan script-shutdown.sh ke /home/cron/antrian sehingga akan diproses dan dijalankan pada menit selanjutnya.
[root@ldap  cron]# cat > /home/cron/shutdown.sh
Cp /home/cron/script-shutdown.sh /home/cron/shutdown.sh  /home/cron/antrian/script.sh
[root@ldap  cron] # chmod a+x shutdown.sh




[root@ldap  cron]#  service crond reload
[root@ldap cron]# service  crond restart
[root@ldap  cron]# /home/cron/shutdown.sh                                                          
untuk menjalankan script diatas, cukup dengan mengeksekusi file shutdown.sh pada directory tersebut akibat dari eksekusi shutdown.sh , cron.minute setiap komputer client akan melakukan shutdown dalam 2 menit berikutnya(shutdown –h 2). Namun, sebelum anda harus reload service cron terlebuh dahulu agar konfigurasi cron. Minute yang sudah anda buat dapat dikenali.
judul buku : membangun jaringan komputer dengan linux
by : Ridwan Sanjaya , S.E.., S.KOM
Penulis : Antika apriyani
Hal : 113 - 115



Previous
Next Post »

LikeNation

Social Media Exchange Website - Likenation